• Follow us :
  • Admin
  • 2022-03-18 16:05:00

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengirim Paket. Apa Saja Sih?

Sebelumnya Bro NeCiS sudah sharing buat Sobat NCS semua, apa aja sih yang perlu disiapkan saat ingin mengirim paket online shop. Dari artikel tsb, Sobat NCS dapat melakukan persiapkan bagaimana cara melakukan packaging paket dengan baik dan benar.

Nah kali ini, mimin ingin sharing hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat mengirim paket. Harapannya, kamu bisa mengantisipasi kemungkinan buruk terjadi untuk kamu sebagai pengirim bahkan untuk bisnis online kamu. Dengan mengetahui sharing dari Bro NeCiS, kerugian seperti paket nyasar, rusak, bahkan hilang dapat kamu hindari. Lalu apa sih yang tidak boleh kamu lakukan saat mengirim paket?

1. Packing Terlalu Tipis
Ketika kamu akan melakukan packing terhadap suatu barang, siapkan seluruh perlengkapan dari mulai alat pembungkus, alat perekat, hingga alat pelindung. Semakin tebal kamu melakukan packing suatu barang akan semakin baik karena paket akan semakin terlindung. Sebaliknya bila packingnya terlalu tipis, bukan tidak mungkin selama dalam perjalanan packing akan rusak, bahkan kemungkinan terburuk merusak isi paket itu sendiri.

2. Alamat Kurang Lengkap
Ini yang terjadi saat kita sudah terlalu yakin alamat kita mudah ditemukan. Kita mencantumkan alamat di label seadanya saja. Yang berakibat di lapangan alamat tidak ditemukan karena kurang lengkapnya data yang diberikan. Hal ini bisa berakibat paket akan lama untuk bisa sampai hingga kemungkinan terburuk akan direturn kembali ke alamat pengirim.

3. Salah Memilih Layanan
Teliti dalam memilih layanan juga menjadi suatu keharusan saat kita akan mengirim paket. Sebagai contoh, kita hendak mengirim paket yang berisi makanan dengan ketahanan tidak lebih dari 24 jam. Namun yang kita lakukan adalah kita mengirim dengan layanan Reguler yang membutuhkan 2 hari kerja. Padahal, makanan tsb harus dikirim dengan layanan Same Day Service. Alhasil, paket makanan tsb basi karena tidak dapat tiba di hari yang sama.

4. Tidak Memberi Asuransi Pada Barang Berharga
Hal yang paling fatal lainnya saat kita hendak mengirim paket dengan nilai harga yang cukup tinggi seperti elektronik, perhiasan, atau surat berharga dengan hanya membayar biaya kirim. Kita lupa untuk mengasuransikan paket tsb, padahal biaya asuransi cukup terjangkau hanya sebesar 0,01% dari nilai barang. Kita tidak tahu ada kemungkinan terburuk apa yang terjadi di lapangan seperti bencana alam atau human error yang membuat paket kita hilang atau rusak.

 

5. Mengirim Barang Berbahaya (Dangerous Goods) Namun Tidak Memberikan Keterangan

Terakhir, hal remeh yang mungkin bisa kita lakukan namun dapat mengancam keselamatan banyak orang. Dalam dunia penerbangan, ada aturan yang melarang pihak ekspedisi untuk mengirim barang-barang yang mengandung gas, cairan, atau barang-barang berbahaya lainnya yang dapat memicu percikan api selama dapat penerbangan. Itulah mengapa NCS selalu menanyakan isi barang bila ada customer yang hendak mengirim. Dibutuhkan kerjasama dari pihak customer untuk jujur terhadap isi paket dan tidak mengirim barang Dangerous Goods.

Demikian artikel Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengirim Paket. Dengan teliti sebelum mengirim paket, semoga pengiriman yang kita lakukan dapat berjalan lancar dan sampai tujuan dengan aman dan akurat ya. :)